10 Keindahan Brebes yang Terlewat oleh Turis Biasa

Kalibaya, Brebes

Brebes, entah kenapa, adalah kawasan wisata yang luput dari kesadaran. Kalau dalam judul tertulis 10 sebenarnya tidak tepat 10, ada lebih, tergantung seberapa tajam perspektif kita dalam melihat keindahan. Jika perspektif kita tumpul, yang kita temukan tinggal bawang merah dan telur asin. Hidup tanpa melatih perspektif memang sering begitu, terlalu asin.

Jadi langsung saja, berikut ini ada 10 hal yang bisa kita nikmati di brebes, belum termasuk bawang merah dan telur asin. Eh, sebentar, kenapa capek-capek mencari keindahan terlewatkan di Brebes? Kan sudah ada bali yang super cantik? Jadi begini, kalau yang tersembunyi tak lagi membuatmu tergetar, kalau keindahan tak biasa tak lagi membuatmu ingin menengok, maka itu adalah sebuah pertanda.

1. Mangrove 300 Hektar yang Eksotis

Brebes memiliki wilayah pesisir yang relatif luas. Di pesisir itu ada hutan mangrove yang eksotik. Hutan mangrove yang tak hanya cantik, tapi juga menjadi sumber penghidupan ratusan orang, yang sebelumnya telah kehilangan berhektar-hektar tambak ikan karena abrasi.

Disore hari, hutan mangrove ini begitu indah dan damai. Dengan biaya yang hanya Rp. 15.000 per orang, kita akan diantar oleh penduduk sekitar dengan naik perahu mesin berkeliling menikmati senja. Melihat bekas-bekas tambak ikan yang berbah jadi lautan, dan mangrove-mangriove yang menghijau subur.

Setelah berkeliling dengan perahu, kita dipersilakan lanjut tracking hutan mangrove dengan jalur  selebar sekitar satu meter yang meliuk-liuk menembus hutan mangrove. Tracking sore hari akan melepas penat, memompa energi dan optimisme, dan menghasilkan kebahagiaan.

2. Pulau Gosong dan Ribuan Camar Cerewet

Tak begitu jauh dari hutan mangrove, dengan diantar perahu yang sama, kita bisa singgah ke sebuah gosong. Gosong adalah sebutan generik untuk  pulau pasir yang mucul saat air laut surut, dan tenggelam saat kita mulai bahagia #eh. Gosong di brebes ini istimewa, jika sore mulai berlabuh maka ribuan burung camar memenuhi pulau ini. Jika terbang akan membetuk formasi awan hitam bergumpal-gumpal indah di langit. Burung-burung ini sering mengikuti dibelakang perahu yang kebetulan merapat sekitar situ dan pulang ke tepian.

Jika gosong tersebut dikuasai oleh ribuan burung camar, didekat gosong ada semacam pulau dengan mangrove yang dipenuhi burung kuntul, jumlahnya mungkin ribuan, sangat banyak. Berbaris indah dengan warna putih dominan. Bagi penyuka fotografi, ada banyak sisi yang bisa dijadikan object menarik, hingga matahari tenggelam sempurna.

3. Telaga Ranjeng yang Mistis

Jika menyukai sesuatu yang mistis, mampirlah ke telaga Ranjeng. Ada cerita menarik yang dipercaya banyak orang, bahwa telaga ranjeng menyimpan sesuatu yang mistis. Terutama tentang ikan-ikannya. Telaga ranjeng adalah telaga alami yang syahdu. Tampil anggun dengan kabut tipis-tipis di sore hari, telaga ranjeng juga menyimpan pesona lain: Ribuan ikan lele dan ikan Mas jinak yang penuh misteri.

Jika sore hari kita mampir ke telaga ini, kita akan disambut ribuan ikan lele dan ikan mas yang berjejal-jejal dipinggir danau menunggu uluran roti dari pengunjung. Ikan-ikan berbagai ukuran ini tak sedikitpun takut pada pengunjung, saling berebut roti dan berdesak-desakan seperti antri KRL dijam sibuk. Jika kita menaikkan sedikit sudut pandang kita, akan tampak danau yang anggun, dikelilingi hutan pinus dengan kabut tipis-tipis. Dibalik keindahan ini ada cerita yang masih dipercaya sebagian orang, bahwa ikan-ikan itu dijaga semacam kekuatan gaib, yang kalau diambil dan dibawa pulang bisa membuat sial pengambilnya. Cerita itu sebenarnya membawa dampak positif buat danau renjeng, dia tetap perawan, tak tersentuh industrialisasi dan tangan yang tamak.

4. Sawah yang Bersusun-susun

Sebagian besar wilayah Brebes adalah persawahan. Sawah yang luas dan menghijau, dan bersusun-susun, seakan dibuat memang untuk dipajang dan dinikmati bentuk visualnya. Jika lelah dengan polusi dan dan gedung yang berhhimpit di perkotaan, area persawahan yang luas dan hijau inin adalah penawarnya.

5. Batik Salem

Brebes menyimpan batik yang bagus, dan mengakar, namanya batik salem. Suatu sore saya mampir ke rumah Bu Tarkinah, seorang petani sekaligus maestro batik di daerah salem. Sehari-hari Bu Tarkinah mencari nafkah sebagai seorang petani, lalu sore hari menghabiskan waktu sebagai seniman batik.

Batik salem adalah batik dengan karakter yang kuat, dibuat oleh para seniman batik yang dengan menterjemahkan alam keatas permukaan kain. Bu tarkinah misalnya, membuat pewarna alamai sendiri, dengan merebus dan meramu berbagai jenis dedaunan untuk mendapatkan warna yang dia inginkan. Motifnya juga sama, mengambil inspirasi dari alam sekitar tempat tinggal. Jika sore hari pulang dari sawah Bu Tarkinah melihat daun jambu, maka besar kemungkinan motif batiknya juga akan mengambil inspirasi dari daun jambu. Kemampuan menterjemahkan keindahan alam keatas kain batik ini diajarkan turun temurun di dusun salem.

6. Teh Kaligua

The Kaligua adalah the yang segar, dengan sedikit rasa pepat diujung lidah. The yang enak dan khas. the ini dihasilkan oleh perkebunan besar di Brebes, perkebunan teh kaligua. Perkebunan the kaligua adalah wisata favorit di brebes, jika weekend warga kota brebes dan bumiayu berbondong-bondong menikm ati sejuknya udara kaligua. Semacam Puncak-nya jakarta gitu. Di perkebunan ini juga ada berbagai permainan outbound yang bisa membuat hari makin ceria. Menikmati weekend dengan menyeruput the dan kopi serta pisang goreng di perkebunan sejuk ini bukanlah ide buruk.

7. Wisata Perbukitan Kalibaya

Jika sore hari kita berkunjung ke bukit ini kita akan segera takjub: Udara segar yang dihembus-hembus alam diantara tanaman kopi, dan lembah hijau yang sangat indah. Di tempat ini disediakan sebuah menara pandang, untuk bersantai  dan melihat lembah serta lereng perbukitan yang menghijau. Juga disediakan rumah pohon yang terhubung dengan jembatan lucu antar satu pohon dengan pohon lainnya. Selain itu juga ada pilihan hiburan tracking dengan mobil trail kecil, di perbukitan yang pada musim tertentu diselimuti wangi bunga kopi

Cuma tujuh? Mana yang  tiga lagi? Nah, yang tiga lagi saya juga terlewat, karena saya adalah traveller level 7. Silakan menjelajah Brebes, menemukan keindahannya,  dan menjadi traveller level 10.

2 thoughts on “10 Keindahan Brebes yang Terlewat oleh Turis Biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *