Apa Resolusimu 2017? Belajar dari Cofounder Airbnb

airbnb-chesky

Pergantian tahun selalu menarik, lini masa media sosial dipenuhi resolusi 2017. Baik itu resolusi baru maupun resolusi yang diperbarui. Namun yang jernih menurut saya salah satunya datang dari Cofounder Airbnb, perusahaan operator hotel berbasis citizen terbesar di dunia itu tak menuliskan resolusinya 2017, ia menanyakan pada para pengguna Airbnb, apa yang mereka ingin lakukan oleh Airbnb 2017? Apa resolusi Airbnb 2017? Airbnb ingin beberapa ide sekaligus tantangan.

Dalam bisnis, mendengar dan memahami keinginan konsumen sama pentingnya dengan denyut nadi. Mendengar dan memahami keinginan konsumen adalah setengah dari kemenangan itu sendiri. Maka twit yang dilontarkan oleh Brian Chesky, co founder Airbnb, adalah langkah yang segar sekaligus cerdas untuk memulai tahun 2017.

Jika melihat linimasa akun twitter Brian, kita bisa mulai berandai-andai untuk suatu saat bisa memesan sebuah kamar di Mars. Iya, planet mars, bukan Bekasi gang Mars. Pendiri Airbnb ini mentuit: “If Airbnb could launch anything in 2017, what would it be?” Dan kontan saja twit ini langsung ramai menjadi bahan diskusi.

Begitu pertanyaan tersebut dicuitkan, segera tak kurang dari 2.000 cuitan datang menanggapi. Padalah dalam twit selanjutnya Brian mengatakan bahwa sebenarnya dia hanya berharap mendapat 10 usulan ide, bahwa ternyata kemudian ada ribuan usulan yang dia terima menjadi konfirmasi bahwa konsumen memang ingin didengarkan. Dan juga menjadi sebuah konfirmasi bahwa konsumen adalah sumber ide-ide cerdas yang unik.

Setelah Brian Chesky melempar twit pertanyaan tersebut, twitnya pun lalu menjadi trend. Brian Armstrong, Cofounder sekaligus CEO Bitcoin, juga tertarik untuk mentwit pertanyaan serupa. Selain Bos Bitcoin, CEO Twitter Jack Dorsey yang sekaligus juga menjadi CEO Square juga ikut-ikutan mentuit hal yang sama, pertanyaan untuk Twitter dan pertanyaan untuk Square. Mendengar apa keinginan konsumen, dan sekuat tenaga mewujudkannya, sudah seharusnya dilakukan oleh semua CEO maupun BoD, juga para pemasar.

Lalu apa hal-hal menarik yang disarankan oleh para follower Brian? “Thanks for the 2,000 submissions. Most popular: Bitcoin, Guest Loyalty, upgraded homes & services, group travel, things to do, and Mars” Ujar Brian, setelah membaca usulan-usulan followersnya.

Dari sekian banyak hal menarik diatas, salah satu yang mendapat perhatian lebih dari Brian adalah usulan membangun layanan Airbnb di Mars. Yup, ini serius, bukan candaan yang dilempar follower Brian dan ditanggapi dengan candaan. “Working on that…no joke.” Cuit Brian.

Salah satu hal tersulit dalam mempertahan bisnis adalah tetap memahami keinginan konsumen, namun lebih dari itu, beberapa pebisnis cerdas melangkah lebih jauh: Memahami Mimpi-mimpi Konsumen.

Oleh: Fajar Muhammad S

Co-Founder Awrago.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *