Cegah Pungli, BPTJ Luncurkan Perizinan Angkutan Online

Menghadiri undangan perizinan angkutan online

Pada tanggal 16 juli 2017 kemarin, saya mendapat undangan untuk datang ke kantor BPTJ (Badan Pengelola Jawab Transportasi Jabodetabek) di daerah pancoran. Pada hari itu BPTJ sedang melakukan peluncuran sistem perizinan online untuk angkutan sewa khusus atau angkutan online.

Sistem perizinan yang diluncurkan secara langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tersebut dihadiri oleh ratusan orang dan berlangsung meriah. Semoga ini adalah pertanda bagus nan cerah bagi transportasi kita kedepan.

Menurut Menteri Perhubungan, upaya perizinan online ini adalah sebuah keharusan, agar Jakarta tidak tertinggal dari kota-kota lain di dunia. Perizinan online ini diharapkan dapat menjadi solusi dan memudahkan industri transportasi untuk mendapatkan layanan perizinan dengan mudah, efisien dan tanpa harus terkena pungli. “Ada kemudahan dalam izin, serta pengawasan di lapangan dalam hal praktek pungli.” tegas Menteri Perhubungan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Urusan perizinan secara umum memang salah satu hal yang banyak dikeluhkan oleh pengusaha maupun calon pengusaha, berpuluh tahun masalah ini menjadi PR besar pemerintah. Bukan hanya perizinan dalam hal transportasi, namun juga dalam bidang-bidang yang lain juga menyisakan banyak hal untuk diperbaiki, maka setiap upaya perbaikan perizinan haruslah kita apresiasi.

Perizinan online untuk angkutan khusus ini memberikan harapan baru, pertemuan fisik antara pengusaha yang mengajukan ijin dengan petugas bisa diminimalisir sehingga praktek-praktek semacam pungli juga ikut hilang. Perizinan online ini juga memberikan transparansi dan kepastian perizinan, baik dalam hal waktu, prosedur maupun biaya. Selain itu juga memberikan efisiensi bagi pengusaha, kerna tidak harus hadir secara fisik, pengajuan bisa dilakukan dari kantor masing-masing karena berbasis online.

Menurut Plt. Kepala BPTJ Pak Bambang Prihartono, perizinan online ini bersifat cepat, mudah, efisien dan efektif dalam memberikan pelayanan yang terukur, disamping itu keunggulan sistem online perizinan ini adalah Non Tunai dimana  sistem telah diintegrasikan dengan sistem SIMPONI Kementerian Keuangan sehingga operator angkutan langsung menerima e-billing PNBP melalui email dan bisa membayar langsung tanpa harus ke Kantor BPTJ.

Yang menarik, masih menurut Pak Bambang, tujuan pemanfaatan aplikasi perizinan berbasis online adalah Memudahkan perusahaan dalam mengajukan permohonan izin penyelenggaraan, Memudahkan perusahaan mengajukan izin operasional kendaraan, memudahkan perusahaan mengontrol status izin kendaraan yang bergabung, memudahkan pengawasan kendaraan dilapangan, mengatur ketersediaan angkutan sewa khusus sesuai dengan kebutuhan masyarakat, memutus praktek pungli di bidang perizinan angkutan jalan dan melaksanakan amanat regulasi yang mengatur angkutan sewa khusus.

Adapun jenis layanan angkutan sewa khusus yang dimuat pada aplikasi online perizinan angkutan sewa khusus ini yaitu, izin penyelenggaraan, realisasi kendaraan baru / penambahan, peremajaan kendaraan, perpanjangan izin penyelenggaraan, perpanjangan KPS, cetak ulang penyelenggaraan, cetak ulang KPS dan perubahan data perusahaan.

Untuk saat ini layanan perizinan online angkutan khusus ini sementara hanya bisa dinikmati di kawasan Jabodetabek, namun kedepan akan dijadikan model bagi daerah-daerah lainnya, sehingga berbagai kemudahan perizinan tanpa tatap muka ini diharapkan juga bisa dinikmati pengusaha transportasi lain di seluruh Indonesia.

Jika mencermati perkembangan terakhir, berbagai upaya perbaikan sitem transportasi memang gencar dilakukan oleh BPTJ akhir-akhir ini. Sebelum meluncurkan sitem perizinan online angkutan khusus ini BPTJ juga telah menggandeng Moovit Indonesia untuk berkolaborasi meningkatkan layanan moda transportasi publik, BPTJ didukung beberapa operator sebelumnya juga memperkenalkan Jakarta Airport Connexion yang merupakan transportasi publik dari bandara ke mall dan ke hotel. Rasanya jadi penasaran, terobosan apa lagi yang sedang dipersiapkan oleh BPTJ untuk meningkatkan layanan dan melakukan integrasi moda transportasi publik di Jabodetabek yang sudah gawat ini.

One thought on “Cegah Pungli, BPTJ Luncurkan Perizinan Angkutan Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *