Penulis

Penulis

Buku yang bagus akan datang dengan banyak wajah, ia akan datang sebagai seorang guru, memberikan banyak pengetahuan, ia barangkali datang sebagai seorang messias, yang mencerahkan, atau barangkali ia akan datang sebagai sosok moderator yang membantu membuat metode dan kesimpulan, atau sesekali, ia akan datang sebagai sebuah argumen yang kuat, yang mempertanyakan prinsip-prinsip dan keimanan.  Buku yang bagus akan membuat kita memiliki banyak pertanyaan dan memunculkan banyak dialog imajiner.

Barangkali seorang penulis adalah penggoda. Seorang perenung dan penggoda. Apa yang sudah diyakini seringkali akan dipertanyakan. Logika yang disusun, pengetahuan yang dihamparkan, dan perspektif yang diambil seringkali menguji banyak keyakinan. Pengetahuan lama diuji dengan pengetahuan baru. Dalam beberapa titik penulis barangkali menyerupai buah khuldi: menawarkan pengetahuan dan dunia baru, dengan resiko terusir dari kenyamanan.

Penulis seringkali membuat kehidupan seseorang yang sudah damai menjadi gelisah, membuat yang tertawa menjadi perenung, dan membuat tangis menjadi terasa pedihnya. Namun barangkali pembaca lebih tau, bahwa yang pedih itu membawa kekuatan, bahwa dalam tiap-tiap renungan kita akan temukan potongan refleksi diri, dan tiap kali kita terusir maka itu artinya menjadi lebih dekat dengan mimpi.

Aktifitas menulis adalah aktifitas yang menguras energi. Penulis bekerja keras dalam diam. Penulis juga seringkali berdebat keras justru dalam kesepian. Berdebat dan berdiskusi dengan diri sendiri. Berdebat dan berdiskusi dengan penulis lain, melalui buku-buku yang dibaca maupun dalam kehangatan diskusi warung kopi.

Buku yang bagus seringkali datang dengan banyak wajah, karena buku adalah puncak dari kreatifitas, pengetahuan, dan imajinasi seorang penulis. Buku selalu multi tafsir, dan selalu menyediakan ruang untuk berdialog, semakin bagus sebuah buku, semakin kuat panggilan untuk berdialog. Maka semakin banyak pula wajah-wajah baru dan tafsir-tafsir baru yang kita temui.

Bagaimana cara menjadi penulis yang baik? Saya jelas tak punya rumusannya, tak punya resep atau trik sakti menjadi penulis yang baik, karena menulis, membaca, berdialog, merenung, dan membuat jeda untuk berkontemplasi adalah sebuah proses yang tidak pernah selesai. Tapi ada hal yang saya percayai: tiap tulisan mempunyai pembacanya sendiri.

10 thoughts on “Penulis

  1. Saya juga menguras tenaga dan waktu dalam menulis artikel. Itu hanya tiga paragraf, gimana jika satu buku ya ? Pasti saya tidak akan mampu. Kata orang ,buku yang ideal adalah buku yang belum ditulis ,masih diangan-angan penulisnya. Jika sudah menjadi buku, pasinya banyak koreksi sana-sini.

  2. Setuju banget bawa buku yang bagus datang dengan banyak wajah. Buku yang bagus adalah Hasil kreativitas dari para penulis yang sudah bekerja keras dan mengarahkan banyak usaha dalam menyampaikan buah pikir mereka. Beruntunglah kita bila menemukan buku-buku yang bagus tersebut karena Cakrawala kita pun semakin luas karenanya

  3. Menulis itu tidak mudah. Tapi buat saya yg Penting menulis itu harus happy. Mungkin wajah itu yg dikedepankan sekarang. Belum berani memperlihatkan dan menguras energi lain.

  4. Penulis seringkali menghidupkan seseorang. Jadi inget pas baca novel Klan Otori…. Gila… Keren bangettt…. Ceritanya gak cengeng tapi hidup…

    Dan untuk jadi penulis yang baik sih gak ada teori dan tekniknya kak. Penulis yang baik menurutku itu yang nulis dari hati… Gak ada tendensi apapun.. Gak ada keinginan lain selain menulis… Menuangkan emosi yang ada dari dalam hati…. Kalo dah gt… Yang baca pasti enjoy dan akan menghabiskan kata demi kata apa yg kita tulis… G peduli sepanjang apapun tulisannya…

    #akungomongapasih ahahaha

  5. Percaya enggak percaya, buku atau bacaan yang kita baca adalah cermin dari tulisan kita nantinya. Memang tulisan seseorang itu secara enggak langsung mempunyai peran yang sangat penting untuk kosakata dalam sehari-hari.
    Menurut ku sih begitu, ya, mas fajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *