7 Tempat Keren di Ancol yang Cocok Untuk Penikmat Senja

Senja di Ancol

Senja merupakan moment yang sangat disukai oleh banyak orang. Para fotografer bahkan seringkali meluangkan waktu khusus untuk sang golden moment ini. Di Ancol ada banyak tempat keren yang bisa dijadikan rujukan untuk menikmati senja, baik untuk hunting foto maupun sekedar bersantai melepas lelah. Berikut tujuh tempat istimewa dimana menikmati senja akan jadi lebih menyenangkan.

Pantai Putri Duyung Cottage

Putri Duyung Cottage merupakan hotel yang lokasinya berada di dalam lingkungan Taman Impian Jaya Ancol dan dikelola secara penuh oleh manajemen Ancol. Berdasarkan lokasi, cottage-cottage di sini terbagi dalam tiga kategori, yang pertama menghadap ke laut, kedua menghadap ke danau, yang ketiga berada di tengah-tengah alias tidak menghadap ke laut maupun danau.

Dari ketiga jenis cottage ini jika kita adalah penikmat senja saran saya agar memilih cottage yang menghadap ke laut, karena sambil duduk di depan cottage kita bisa melihat matahari pelan-pelan berubah menjadi kuning jingga sebelum memerah dan hilang di horison.

Untuk para fotografer, pantai di cottage ini juga terdapat banyak point of interest berupa anjungan-anjungan lama yang sudah tidak terpakai, maupun anjungan baru yang terlihat indah saat sore. Selain anjungan, di cottage ini juga ada sebuah kolam renang berbentuk perahu yang menjorok ke arah laut, yang juga bisa dijadikan objek fotografi. Bagi yang tidak sedang memotret bisa menikmati senja sambil ngopi atau ngeteh di depan cottage maupun di sepanjang pantai.

Pantai Pasir Putih Ancol

Ancol kini memiliki pantai dengan pasir yang putih bersih, tidak lagi kusam menghitam seperti dulu. Pantai pasir putih Ancol membentang sepanjang 3 kilometer. Pantai pasir putih ini adalah favorit pengunjung yang ingin menikmati senja. Di pantai pasir putih ancol, kita bisa menyewa tikar secara gratis yang disediakan oleh pihak Ancol, cukup dengan menukar KTP dengan tikar yang jika sudah selesai bisa ditukarkan lagi.

Di pantai pasir putih ini setidaknya ada tiga kegiatan yang biasanya dilakukan oleh pengunjung saat senja, pertama menemani anak-anak nya berenang, kedua duduk-duduk santai menikmati pasir putih dan matahari yang jatuh, ketiga tentu saja memotret. Hamparan pasir yang luas dan panjang ditambah matahari yang kemerahan adalah godaan yang sulit ditolak oleh para sunset hunter dan landscaper.

Kereta Gantung / Gondola

Kereta gantung adalah spot yang asik untuk menikmati senja. Sambil duduk manis kita bisa melihat pemandangan yang berubah-ubah, menyesuaikan arah gerak si gondola. Kita bisa melihat cantiknya pantai dan anjungan ancol dari atas, dan tetap bisa melihat merahnya horison di sebelah barat.

Namun yang perlu diperhatikan bagi para fotografer yang ingin mengambil foto dari spot ini adalah bahwa kita tidak bisa memotret dengan teknik slow speed, apalagi bulb, karena gondola terus bergerak dan ada beberapa goncangan yang lumayan sering setiap melewati penyangga kabel. Namun bagi yang ingin mencicipi senja dengan bersantai-santai maka gondola adalah spot yang sangat asik.

Telaga Ecopark

Ecopark adalah taman yang menyenangkan, didalamnya kita bisa mendapatkan suasana asri ala pedesaan. Di dalam ecopark juga ada sebuah danau yang bisa kita gunakan untuk melepas lelah sambil menikmati senja. Ada beragam aktifitas yang bisa kita lakukan di danau ini, seperti naik perahu bebek berkeliling danau, bersepeda santai di jalanan sepanjang tepian danau maupun sekedar duduk-duduk santai sambil ngobrol dan ambil foto. Jika kita ke ecopark ada satu hal yang perlu kita perhatikan, yaitu sebaiknya sedia lotion anti nyamuk, karena nyamuknya agak banyak.

Bandar Djakarta

Bandar Djakarta adalah salah satu resto favorit di Ancol, seafoodnya terkenal lezat dengan ikan segar. Jika bersama keluarga Bandar Djakarta adalah tempat yang pas untuk bersantai saat senja. Tempat Bandar Djakarta sangat strategis, karena berlokasi ditepian pantai dan berseberangan dengan Putri Duyung Cottage, jadi pemandangan dari Bandar Djakarta sangat cantik kalau sore, ditambah dengan atraksi jet ski yang sering dimainkan di sekitar Bandar Djakarta serta perahu tradisional yang lalu lalang juga disekitar situ.

Anjungan Pantai Ancol

Pihak manajemen Ancol membangun sebuah anjungan panjang yang melingkar ke arah laut. Anjungan ini dibuat dari kayu, dengan lebar kurang lebih dua meter. Saat senja, anjungan ini terasa begitu cantik, dimana di sana ada dua café yang bisa kita nikmati dengan harga yang ramah di kantong. Di Anjungan ini juga ada satu spot yang menjadi favorit pengunjung, terutama anak-anak muda, yaitu spot gembok cinta, dimana disana ada ratusan hingga ribuan gembok yang dipasang.

Pasar Seni Ancol

Walaupun tanpa pemandangan matahari terbenam, namun Pasar Seni Ancol juga merupakan tempat yang asik untuk menghabiskan waktu sore. Berbagai benda seni, kerajinan tangan, serta lukisan-lukisan yang memenuhi stand-stand di pasar seni akan menjadikan suasana sore menjadi hangat. Di Pasar seni juga ada beberap tempat yang asik untuk ngopi maupun makan berat. Di sana kita bisa menik mati sore sambil ngobrol asik dengan teman mapun pasangan.

 

*credit photo: Suryadi Sulthan

3 thoughts on “7 Tempat Keren di Ancol yang Cocok Untuk Penikmat Senja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *