[review] Putri Duyung Cottage: Hotel Nyaman Di Bibir Pantai Ancol

Photo by: Missnidy.com

Suatu sore beberapa ibu muda tampak asik bercanda riang di sebuah resto di pinggir pantai. Resto dan Café yang bernama Nyiur itu memang nyaman, berbagai menu yang disajikan juga mengundang selera sehingga orang akan betah berlama-lama disana. Tempat yang dikelola oleh Putri Duyung Cottage itu ternyata sering dijadikan pilihan oleh ibu-ibu muda sosialita untuk bertemu dan melakukan berbagai kegiatan.

Putri Duyung Cottage sendiri sebenarnya adalah sebuah hotel yang terletak di dalam kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol. Sejauh yang saya lihat, segmen yang disasar oleh Putri Duyung Cottage adalah middle up, kisaran segmen B+ hingga A. Sebagai sebuah hotel yang mengambil segmen menengah keatas, Putri Duyung Cottage menyediakan layanan prima dan fasilitas yang nyaman dan bagus.

Photo by: Missnidy.com
Photo by: Missnidy.com

Letak Putri Duyung Cottage sangat strategis, berbentuk mirip pulau karena berada dipinggir pantai dan dikelilingi oleh danau, sebenarnya bukan danau sih tapi sebuah teluk kecil, namun lebih sering disebut danau oleh orang Ancol karena memang mirip dengan danau.  Untuk cottagenya, saya melihat ada tiga kategori besar jika dibagi berdasarkan lokasi. Yang pertama adalah cottage yang berada di pinggil pantai, dengan pemandangan cottage adalah pantai dan lautan. Cottage ini cocok jika tamu yang menginap menyukai ketenangan dan menyukai laut. Di sore dan pagi hari pemandangannya sangat cantik, bisa dinikmati dengan jalan santai sepanjang pinggiran pantai atau bisa juga dinikmati sambil minum teh atau kopi di teras depan cottage.

Photo by: benbernavita.com
Photo by: benbernavita.com

Lokasi ke dua adalah cottage yang terleak di tengah kawasan Putri Duyung, di cottage ini kita tidak bisa melihat danau maupun laut secara langsung. Walaupun berada di tengah-tengah dan tidak memiliki pantai namun ternyata cottage ini juga punya banyak peminat. Menurut petugas yang menemani kami keliling cottage, rata-rata pengunjung yang menginap di cottage yang berlokasi di tengah-tengah ini benar-benar menginginkan ketenangan, bukan menikmati pantai maupun pesta.

Lokasi ke tiga adalah cottage yang menghadap ke arah danau. Mereka yang menyukai kemeriahan malam menjadikan tempat ini sebagai favorit. Dari cottage ini kita bisa melihat danau yang kalau sore sering digunakan untuk atraksi jet ski dan juga digunakan untuk wisata perahu tradisional. Cottage-cottage yang berada di lokasi ini berhadapan langsung dengan rumah makan Bandar Djakarta.

Putri Duyung Cottage berdiri di area yang cukup luas, yaitu 7 hektar lahan, sehingga memberikan kesan lega bagi pengunjung. Dengan areanya yang begitu luas, Putri Duyung Cottage terasa seperti hotel yang berdiri di dalam taman yang luas.

Fasilitas Lengkap

Putri Duyung Cottage memiliki berbagai cottage dengan spesifikasi dan kapasitas yang berbeda-beda, namun tetap menampilkan ciri khusus yaitu beratapkan sirap, atap yang terbuat dari kayu dengan bentuk runcing panjang yang disusun dengan bagus dan artistik.

Photo by: benbernavita.com
Photo by: benbernavita.com

Di Putri Duyung Cottage saya menginap di Cottage Hiu, nama-nama cottagenya menang unik, kebanyakan diberi nama ikan-ikan dan hewan air seperti: penyu, hiu, Paus, leti-leti, lumba-lumba dan rajungan, mungkin karena letaknya di pinggir pantai. Cottage yang paling besar adalah jenis paus. Selengkapnya, jenis-jenis dan kapasitas cottage bisa dilihat di sini.

Cottage hiu tempat saya menginap sangat nyaman, AC nya dingin dan tidak bau rokok, TV nya bisa diputar bolak-balik sehingga kita bisa nonton dari dua arah yang berbeda. Tempat tidurnya yang King Size juga menawarkan kenyamanan dan berasa ingin berlama-lama di atas kasur. Cottage hiu menghadap secara langsung ke arah laut, letaknya di bibir pantai, kita tinggal membuka pintu kamar dan duduk-duduk di balkony sambil ngopi untuk menikmati pemandangan laut. Kopinya dari mana? Bisa kita buat sendiri karena sudah disediakan oleh manajemen di masing-masing cottage.

Cottage hiu memiliki dua lantai kamar, keduanya bisa disewa secara terpisah maupun sendiri-sendiri. Walaupun dalam satu cottage namun kedua kamar tersebut memiliki pintu masuk yang berbeda, sehingga privasi dan keamanan pengunjung tetap terjaga. Jika membawa keluarga dan anak-anak serta barang yang agak banyak saran saya untuk memilih kamar yang ada dibawah agar tidak repot naik-turun. Jika membawa mobil parkirnya pun juga mudah, bisa langsung di depan cottage.

Wedding dan Meeting Nyaman

Salah satu hal yang membuat saya surprise adalah bahwa ternyata Putri Duyung Cottage bukan hanya sekedar hotel tempat menginap, namun juga sangat cocok untuk acara wedding maupun meeting. Ketika saya menginap di Putri Duyung Cottage kebetulan sedang ada acara pernikahan, pagi hari berupa pemberkatan di anjungan pantai yang dihias menjadi tempat yang sangat cantik, sementara sore hari pestanya digelar di ballroom megah di dekatnya. Ballroom untuk wedding party ini bisa cukup untuk kapasitas 1000pac, jadi kalau ada yang ingin mengadakan pesta besar-besaran tetap akan cukup dan tetap nyaman.

Photo by: Missnidy.com
Photo by: Missnidy.com

Putri Duyung Cottage juga merupakan pilihan menarik jika ingin mengadakan acara meeting kantor atau pertemuan-pertemuan lain. Ditempat ini ada berbagai meeting room dengan ukuran dan kapasitas yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan klien. Berbeda dengan jika kita misalnya meeting di gedung-gedung atau kantor, meeting di putri duyung cottage lebih menarik, karena ruang meeting menghadap ke arah laut sehingga pikiran bisa tetap segar selama meeting.

Setelah dua hari menginap di Putri Duyung Cottage saya berkesimpulan bahwa ini adalah hotel yang nyaman, dengan fasilitas yang lengkap, mudah dijangkau dan sangat cocok bagi keluarga muda. Selain berada di lingkungan Ancol yang penuh dengan wahana menyenangkan, Putri Duyung Cottage juga dilengkapi resto yang menyediakan menu pemanja lidah dan tetap terjaga ketenangannya sehingga tidak heran kalau ibu-ibu muda sosialita banyak memilih tempat ini untuk berbagai kegiatan, baik itu arisan, reuni maupun sekedar kumpul-kumpul ngobrol dengan teman.

One thought on “[review] Putri Duyung Cottage: Hotel Nyaman Di Bibir Pantai Ancol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *