Menikmati Kupi Selasar, Kopi Khas Aceh di Rumah Jawa

Kopi selasar

Sore itu di Rumah Jawa Gallery, Kemang, beberapa anak muda tampak ngobrol sambil tertawa-tawa ceria. Didepan mereka tersuguhkan beberapa gelas kopi dan teh tarik, dilengkapi cemilan tradisional. Tempat yang cozzy, kopi yang enak, dan layanan yang ramah memang perpaduan sempurna untuk menikmati sebuah sore.

Saya sendiri sudah beberapa kali menikmati mantabnya kopi selasar, mulai dari Kopi Sanger, Kopi Susu, dan Kopi Tarik serta Kopi Hitam. Eh, tapi apa bedanya? Kopi Sanger, Kopi Susu dan Kopi Tarik bukannya sama-sama Kopi + Susu? Iya, memang sama-sama Kopi + Susu, tapi detailnya yang membedakan. Menurut mas Faiz, barista kupi selasar, Kopi Sanger adalah Kopi + Susu dengan kandungan susu yang sedikit, sehingga harus ditambahkan gula agar komposisi rasanya tetap enak, sedangkan Kopi Susu adalah Kopi + Susu saja, tanpa ada tambahan gula sedikitpun.

Kopi Susu rasanya lebih gurih karena susunya lebih banyak dibanding kopi sanger, namun kopi sanger taste kopinya lebih mantab karena kandungan kopinya lebih dominan. Jadi akhirnya kembali lagi ke masalah selera, mau yang lebih gurih atau rasa kopi yang lebih mantab. Nah yang tak kalah menarik adalah kopi tarik, kopi ini merupakan perpaduan Kopi + Susu + Kayu Manis, sehingga menghasilkan aroma kopi yang unik dan mantab khas Aceh.

Selain kopinya yang nikmat dan mantab, Kopi Selasar sebenarnya punya produk signature yang bukan kopi, yaitu teh tarik. Teh tarik selasar adalah salah satu favorit saya. Biasanya kalau lagi tidak pesan kopi saat pergi ke café saya cenderung memesan teh tarik, namun khusus teh tarik selasar ini memang rasanya mantab sekali, tidak heran jika oleh Bu Astried, pemilik kopi selasar, menjadikan teh tarik sebagai produk signaturenya.

Di Rumah Jawa Gallery saya memperhatikan dengan seksama cara pembuatan kopinya, yang menarik adalah ternyata kopinya tidak langsung direbus diatas api, nammun direbus diatas uap air mendidih. Jadi secara teknis begini, air direbus diatas api untuk dididihkan, lalu diatas air mendidih itu diberikan wadah lagi untuk merebus kopi selasar. Cara pembuatan kopi ini adalah cara khas Aceh. Jadi yang khas aceh bukan hanya kopinya saja, tapi cara membuatnya juga khas Aceh.

KOLING – Kopi Keliling

Kopis Selasar punya sebuah paket bernama Koling, yang merupakan akronim dari Kopi Keliling, alias kopi panggilan. Paket Koling ini ditujukan untuk berbagai kegiatan seperti pernikahan, ulang tahun, arisan, maupun berbagai acara dan event lainnya. Caranya cukup mudah, tinggal telepon Calling/Koling saja kopi selasar, lalu mereka akan membuat event / accara kita jadi kamin menarik karena ada atraksi pembuatan kopi aceh nya.

Paket pemesanan Koling Kopi Selasar ini juga ramah dikantong. Minimal paketnya adalah 100 cup, denngan harga per cup Rp.25.000 rupiah saja. Dengan harga segitu satu paket Kopi Selsar lengkap dengan baristanya siap menghangatkan acara-acara kita.

Lalu bagaimana kalau kita lagi sibuk, sedang tidak punya event tapi ingin menikmati kopi selasar? Gampang saja, karena kopi selsar sekarang sudah bisa diorder melalui GoFood. Sehingga kopi nikmat ini tetap bisa kita nikmati apapun aktifitas kita dan dari tempat yang kita inginkan.

4 thoughts on “Menikmati Kupi Selasar, Kopi Khas Aceh di Rumah Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *