Memfestivalkan Indahnya Keberagaman ala Kota Tangerang

Kota Tangerang sedang bersolek. Beberapa hari lalu kota tangerang mengadakan Kirab Budaya, dan jalanan kota tangerang pun berubah menjadi panggung besar budaya nusantara. Panggung yang megah, ribuan orang tumpah ruah merayakan indahnya keberagaman.

Banyak hal berubah di kota tangerang, terutama urusan kemolekan dan keindahan kota. Urusan kepariwisataan memang sedang menjadi konsen serius para stakeholder tangerang, baik jajaran pejabat di instansi terkait maupun pihak swasta dan masyarakat.

Saat ini jika kita berjalan-jalan menyusuri sungai Cisadane misalnya, maka kita akan melihat sungai yang relatif bersih, dengan bantaran kali yang begitu rapi. Disepanjang sungai cisadane yang bersejarah ini dibangun trotoar yang lega dan panjang beriringan dengan jalan raya dan sungai, sehingga kita bisa berolahraga dengan nyaman, baik itu jogging maupun sekedar jalan santai.

Selain trotoar yang nyaman, pemerintah kota tangerang juga membangun flying deck, semacam trotoar yang dibuat “melayang” diatas sungai, dari flying deck ini kita bisa menikmati senja yang jatuh diseberang sungai dengan indah. Di beberapa titik trotoar juga dibangun spot-spot wisata ringan yang instagramable, seperti peletakan meriam kuo dengan latar belakang jembatan, taman-taman yang cantik, maupun jembatan yang dicat merah dan megah, kesemuanya sangat cocok bagi pemburu spot yang instagramable.

Buat saya pribadi, hal yang paling menarik dari bentang sungai cisadane adalah taman-tamannya. Salah satu taman yang dibangun bekerja sama dengan ban Gadjah tunggal misalnya, sore itu sangat ramai dikunjungi orang-orang yang ingin mencari udara segar dan bersantai. Di taman tersebut sangat banyak wahana permainan untuk anak-anak, jadi taman-taman di tangerang sejauh saya lihat memang dibangun dengan konsep ramah anak dan keluarga. Jenis tamannya pun dibuat tematik, ada taman kupu-kupu, taman potret, taman bambu dll.

Sungai cisadane merupakan akar bagi banyak potensi pariwisata kota tangerang, dari tepian sungai ini kita bisa mengakses berbagai tempat wisata yang menarik, mulai dari kampung bekelir yang warna-warnanya membuat mata kita segar, pabrik tradisional kecap SH asli tangerang, masjid bersejarah, hingga kelenteng-kelenteng tua yang begitu unik.

Simbolisasi kendahan kota tangerang tersebut bisa kita lihat dan nikmati puncaknya pada acara kirab budaya nusantara di kota tangerang. Pada kirab budaya ini berbagai kebudayaan yang berakar kuat di kota tangerang ditampilkan, mulai dari parade budaya betawi, parade jawara, parade kostum oleh komunitas-komunitas tangerang dan juga dimeriahkan dengan parade budaya se-nusantara yang begitu indah dan meriah. Yuk, main ke tangerang.

 

 

2 thoughts on “Memfestivalkan Indahnya Keberagaman ala Kota Tangerang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *